PERSEVERE PLUS

 Blog ini berisi pengalaman saya sebagai praktisi manajemen, hal yang saya baca atau temukan, dan ingin saya bagikan dengan para pembaca yang memiliki ketertarikan terhadap pengembangan SDM, Lean Manajemen Leadership, pengelolaan waktu dan keuangan, nilai-nilai hidup yang positif.  Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Pinterest
  • Instagram

SUBSCRIBE 

 Untuk mendapatkan notifikasi atas update postingan saya, silakan daftarkan email anda

MITOS SISYPHUS

APAKAH SEGALA YANG KITA LAKUKAN BERARTI ?

Dalam cerita mitologi Yunani, Sisyphus adalah seorang raja Ephyra (juga dikenal sebagai Corinth).  Dia dihukum oleh dewa Zeus karena kecerdikannya memperdaya para dewa berkali-kali sehingga dia harus mendorong sebuah batu yang besar ke atas bukit, namun setiap kali Ia hampir sampai di puncaknya, batu tersebut akan menggelinding kembali ke bawah, sehingga Ia harus mengulangnya lagi dari awal.

Demikian hukuman ini harus dijalani tanpa henti sampai keabadian.

Dalam budaya modern, pekerjaan yang berat namun tidak berarti dan sia-sia diistilahkan sebagai pekerjaan Sisyphean, sebab menyerupai hukuman yang harus dijalankan Sisyphus.

Dalam sebuah essaynya, filusuf Albert Camus mengibaratkan hukuman Sisyphus serupa dengan aktivitas manusia sehari-hari yang tidak berarti di tengah jagat raya yang maha luas dan sudah berumur jutaan tahun ini. 

Namun, Albert Camus membayangkan Sisyphus tidak putus asa, namun menentang dan melawan takdirnya setiap kali dia harus turun dan memulai kembali hukumannya dari awal.

Dalam kehidupan kita, terkadang aktivitas dan pekerjaan kita terasa monoton dan berulang terus tanpa arti, namun kita harus berupaya untuk mengingat bahwa perjuangan itu sendiri sudah cukup untuk memberi arti dalam hidup kita.  

 

      " ..the zest is in the journey, not in the destination..."  -- Ralph Waldo Emerson